Wednesday, September 25, 2019

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN BEKAM



       Sesungguhnya bekam mempunyai sejarah yang panjang dimana ternyata bekam ini sudah ada sejak jaman bangsa kerajaan sumeria yaitu berdiri sekitar 4000 tahun sebelum masehi, lalu perekembangan bekam di Babilonia, Mesir, saba’, dan Persia. Sedangkan di CIna bekam berkembang sekitar 2500 tahun sebelum masehi dan dicina bekam berkembang sesuai titik akupuntur, yang biasanya digunakan oleh tabib-tabib kerajaan di cina.



        Di wilayah Mesir perkebangan bekam sudah da sejak jaman Firaun sekitar 2500 tahun sebelum masehi. Berawal dari banyaknya orang-orang sakit lebam kerana terkena batu maka setelah di bekam sakitnya sembuh nah dari itu sejarah bekam berkembang di Mesir. Untuk titik-titik bekam di Mesir berkembang sesuai dengan lembaran papyrus yang digunakan dasar seorang tabib di Mesir kemudian bekam berkembang sampai ke Yunani, Saba’, Romawi, Figria, Bulgaria, dan Isbanji.

         Ternyata pada zaman nabi Yusuf juga bekam sudah menjadi pengobatan yang berkembang yang digunakan oleh kaum isroil . Di Persia  yang terkenal dengan sebutan bangsa persi yang terkenal serumpun dengan bangsa Eropa , untuk perkembangan bekam sudah sejk 3000 tahun sebelum masehi bersamaan berkembangnya pengobatan fashid atau al-fasdhu ( pengobatan yang mengeluarkan darah lewat pembuluh darah vena ).



      Perkembangan Bekam di Suriah dan iskandariyah seiring dengan perkembangan pengobatan yang lain sepeti pengobatan al-fashdu, al-kay, pembedahan, ramuan herbal, tumbuh-tumbuhan, akar-akaran, biji-bijian, bunga, daun dan getah.



      Perkembanga bekam yang paling menabjubkan adalah perkembangan dijaman Nabi Muhammad dimana nabi Muhammad bukanlah seorang tabib tapi beliau mengetahui tentang pengobatan dikarenakan apa yang dikatakan Nabi Muhammad berasal dari wahyu yang diturunkan oleh Alloh ta’ala. Jadi pengobatan Bekam dalam kalangan umat islam merupakan pengobatan yang bersumber dari wahyu yang tertuang dalam hadist nabi  walaupun bekam ini sudah ada sebelum Nabi Muhammad ada. Dan titik-titik bekam diketahui bersumber dari hadist dimana dahulu Nabi Muhhammad pernah mencontohkan disebut juga pengobatan Attibbunabawi atau penobatan nabi.

No comments:

Post a Comment