Saturday, September 7, 2019

APAKAH BEKAM/HIJAMAH ITU ?



APAKAH BEKAM/HIJAMAH ITU ?

Bekam/hijamah adalah salah satu metode terapi yang disandarkan pada salah satu pengobatan nabi atau disebut juga pengobatan tibunnabawi, dimana caranya adalah dengan menorehkan/men-sayatkan/melukai  kulit ditubuh manusia, dan tempat luka tadi di sedot menggunakkan cawan kaca atau kop yang terbuat dari plastik.

Metode pengobatan bekam/hijamah ternyata sudah ada sejak jaman romawi kuno tentunya dengan perlengkapan yang sederhana yang pada intinya mengeluarkan darah yang bergejolak didalam tubuh dengan tempat (diatas kulit manusia) yang telah ditentukan. Untuk istilah Bekam berasal dari bahasa melayu, kalau di indonesia sering disebut kop-kopan dan istilah bahasa arab disebut Al-hijamah.

Ternyata pengobatan bekam/hijmah didalam islam merupakan salah satu pengobatan tibunnabawi/pengobatan nabi yang ditegaskan didalam sebuah hadist nabi muhhamad yang diriwayatkan melalui sahabat nabi. Salah satu hadist nabi yang menjelaskan perintah untuk berbekam adalah “ Dari Ibnu Mas’ud bahwasanya Rosulullah berkata,”Rasulullah pernah bercerita tentang malam saat beliau saat di isra’ mi’raj-kan oleh alloh kelangit, beliau tidak meliwati sekumpulan malaikat melainkan mereka memerintahkan: “Perintahkan agar umatmu untuk berbekam! ”. Hadist itu takhrijkan oleh At-tirmidzi dan dan Ibnu majah dinyatakan Shahih oleh Syeikh Nasirudin Al-Albany.

No comments:

Post a Comment