Thursday, September 5, 2019

TITIK AKUPUNTUR




      Titik akupuntur memiliki beberapa lokasi di bagian tubuh dimana lokasi yang akan di tusuk mengikuti jalur meridian tubuh atao bisa disebut jalur energi atau Qi tubuh dimana fungsinya utuk melancarkan energi yang terhambat.

    Tentunya sebelum kita mengetahui lokasi titik akupuntur kita harus mengetahui jalur meridian, jalur meridian adalah jalur energi atau Qi dalam bahasa istilah cina, seperti saraf,pembuluh darah punya jalurnya begitu juga dengan energi tentu juga punya jalur energi.
           
 Adapun lokasi tubuh yang bisa di tusuk jarum akupuntur yaitu 
1. Kepala 
    Titiknya seluruh bagian kepala yang sesuai jalur meridiannya.

2. Wajah 
  bagian diwajah bisanya digunakan untuk titik akupuntur kencantikan tapi juga bisa untuk pengobatan yang lain yang bersifat titik akupuntur lokal bagian tubuh yang bermasalah sebagai contoh polip yang berada dihidung bisa di tusuk diarea        hidung, diarea samping kanan dan kiri mata juga bisa diakupuntur jika ada gangguan mata.

3. Telinga
    Dibagian telinga biasanya mengunakan jarum khusus yang untuk telinga.

4. Leher 
  Untuk dileher banyak meridian nya jadi bisa juga untuk di akupuntur juga, biasanya untuk      penusukannya tidak tegak lurus tetapi agak miring sekitar 45-30 derajat dan arah tusukkannya mengikuti alur meridian yang menjadi tujuan.

5. Tubuh bagian depan istilah dalam bahasa cina adalah titik DU
 a. dada
     Penusukan di area dada juga tidak dianjurkan untuk tegal lurus melainkan agak miring agar ketika       menggunakan jarum yang agak panjang tidak menyebabkan cidera organ dalam.
 b. Perut atau juga disebut dengan kurapuntur 
     Disebut kurapuntur dikarekan bentuk titik akunpuntur di perut jalurnya menyerupai kura-kura.

6.  Punggung itilah dalam bahasa cinanya REN
    Titik bagian dipunggung ini sangat banyak sekali untuk penususkan bisa disesuaikan bisa tegak     dan miring juga tentunya dengan kehati-hatian dan harus yang ahli.

7. Kaki  
    Dikaki ada beberapa jalur meridian yang bisa diakupuntur diantara meridian limpa, ginjal ,kandung kemih, lambung, liver, dan kandung empedu. Dibagian telapak kaki dan jari kaki juga ada titik akupunturnya.

8. Tangan
    Ditangan ada beberapa meridian yang bisa diakupuntur yaitu meridian jantung, perikardium, usus  besar, dan paru-paru. Untuk penusukan nya menyesuaikan bagian tangan dan jarum, bisa miring ataupun tegak lurus.  

No comments:

Post a Comment