Sunday, September 8, 2019

TITIK MERIDIAN



Titik Meridian adalah jalur energi atau Qi yang digunakan untuk menentukan titik akunpuntur, keberhasilan pengobatan dalam akuputur ditentukan oleh ketepatan titik meridian yang ditusuk sesuai diagnosa yang telah didapat dari pasien. Seorang terapi akupuntur wajib mengetahui pasti titik-titik tersebut untuk keberhasilan sebuah terapi.

 Meridian berasal  dari bahasa cina  yanag berasal dari kata JING – LUO yang terdiri atas kata JING Mai atau saluran dan LUO Mai atau kolateral. Jing mai adalah saluran yang menghubungkan meridian titik atas dan meridian titik bawah yang berjalan membujur dari atas ke bagian bawah, sedangkan Luo mai adalah saluran yang menghubungkan meridian tubuh membentuk sebuah jaringan yang berjalan melintang dan menyebar.

JING LUO adalah sistem saluran yang menyalurkan energy/Qi dan darah dengan arah melintang dan membujur dari atas ke bawah dan dari samping kanan dan kiri ,depan dan belakang luar dan dalam organ dalam manusia ( zang fu ) dengan seluruh jaringan tubuh dari tendon, kulit hingga tulang. Kekuatan Qi yang mengalir ke tubuh berasal dari organ dalam manusia ( Zang Fu ) sehingga besar dan kecilnya energi/Qi yang ada ditentukan baik dan buruknya kondisi organ dalam.

Jalur meridian ditubuh meliputi 12 titik meridian umum dan 8 titik meridian istimewa. Meridian Umum terdiri dari 3 meridian Yin tangan ( Meridian Tai Yin Paru, Meridian Jue Yin Pericardium, dan Meridian Shai Yin Jantung ), 3 Meridian Yang tangan ( Meridian Yang Min usus besar, Meridian Shao Yang Sanjiao,dan Meridian Tai Yang Usus kecil ), 3 Meridian Yang Kaki ( Median Yang Min lambung, Meridian Shao Yang kandung empedu, dan Meridian Tai Yang Kandung Kemih), 3 Meridian Yang Kaki ( Meridian Tai Yin Limpa, Meridian Jue Ying Hati,dan Meridian Shao Yin Ginjal ). Meridian Khusus ada 8 titik yaitu Meridian Du, Meridian Ren, Meridian Chong, Meridian Dai, Meridian Yin Wei, Meridian Yang Wei, Meridian Yin Qiao,dan Meridian Yang Qiao.

No comments:

Post a Comment