Sunday, September 22, 2019

PERALATAN TERAPI AL-FASDHU

Dalam pelaksanaan terapi al-fasdhu alat-alat yang dibutuhkan adalah

1.       Jarum yang ukuran nya 18 G

Dipilih jarum ukuran 18 G dikarenakan ukuran lubang jarum besar jadi untuk jalan atau aliran darah cukup memadai, jika lubang nya terlalu kecil maka darah yang mau keluar agak sulit apalagi jika kondisi darah si pasien kental maka dipastikan darah tidak keluar. Jarum suntik yang ada dipasaran ada berbagai ukuran 18 G, 19 G, 20 G, 21 G, 22 G, 23 G, 24 G, 25 G, 26 G, 27 G , makin besar ukuran nya makin kecil diameter lubang jarum suntiknya dan mereknya macam-macam juga, tapi biasanya menggunakan marek terumo dan jarum digunakan sekali pakai saja.
contoh jarum yang digunakan

2.       Torniquet / tali

Alat yang digunakan untuk menekan pembuluh darah agar darah mengalir lebih kencang, Ketika alat ini sudah diikatkan di tangan , kaki atau bagian tubuh yang diiginkan maka pembuluh darah terlihat membesar/menggembung nah dibagian pembuluh itu nanti yang akan kita tusukkan jarumnya maka aliran darahnya akan keluar dengan lancar dan kuat. Selain menggunakan tourniquet bisa juga menggunakan tali apapun yang fungsinya bisa untuk menekan pembuluh darah.

torniquet

3.       Wadah / plastik

Digunakan untuk menampung darah yang keluar agar tidak berceceran . Untuk wadah bisa digunakan apa aja yang jelas lebih aman yang sekali pakai, jadi habis dipakai bisa dibakar dan untuk darah bisa dibuang didalam tanah yang sudah digali kaerana sifat tanah bisa menetralkan darah.


4.       Alkohol Swab

Adalah tisu yang mengandung cairan antiseptik yang digunakan mensterilkan kulit yang mau dilakukan perlukaan. Penggunaan alcohol sweb ini diharakan kulit yang mau ditusuk jarum steril dari virus dan bakteri sehingga jarum yang mau ditusukkan juga steril. Biasanya kandungan alcohol swan ini 70% .



5.       Sarung tangan

Sarung tangan biasnya tebuat dari bahan latek bersifa elastis dan sekali pakai, berfungsi untuk agar kulit masih tetap sterli ketikan dipegang oleh tangan.


Untuk terapi al-fasdhu ini hanya boleh dilakukan orang yang betul-betul  ahli dikarenakan sebelum dilakukan terapi al –fasdhu harus menguasai diagnosa untuk si pasien tetang kelayakan untuk terapi ini cocok ato tidaknya si pasien di lakukan terapi al-fasdhu agar hal-hal yang tidak diiinginkan tidak terjadi.


No comments:

Post a Comment