Monday, September 16, 2019

RUQYAH SYAR’IYAH




                   Banyak diantara kita yang mendengarkan kata ruqyah syar’iyah ,apa sih ruqyah itu dan apa manafat nya. Ruqyah adalah membacakan ayat-ayat suci  Al- Qur’an dengan tujuan untuk menentramkan hati bisa juga digunakan untuk pengobatan hati dan pengobatan fisik. Yang popular saat ini ruqyah digunakan  untuk mengusir jin dan setan yang bersemayam di aliran darah manusia, walaupun itu benar juga namun sebetulnya fungsi ruqyah ini adalah untuk mengobati hati dikarenakan penyakit muncul dari perasaan hasad, dengki, iri dan sombong.

                 Selain ruqyah yang syari ada juga ruqyah yang tidak syar’i, ruqyah yang tidak syar’I atau disebut ruqyah syirkiyah adalah ruqyah yang tidak menggunakan ayat qur’an sebangai pengobatan akan tetapi memakai bantuan jin berupa rajah-rajah atau jimat yang fungsinya bisa untuk menyembuhkan atau mengobati, juga bisa menggunakn mantra-mantra.

                 Banyak dikalangan umat islam yang belum mengetahui tentang ruqyah syar’iyah sehingga banyak yang terjerumus pada ruqyah syirkiyah maka dari itu kita akan bahan masalah ruqyah yang lebih mendetail agar kita mengetahui perbedaan nya, karena banyak yang terkelabuhi oleh penampilan per-ruq’yah. 

               Ruqyah yang syar'i mempunyai tata cara yang sesuai sunnah nabi muhammad, adapun untuk car-caranya akan kita bahas di artikel yang berbeda insyaalloh. Untuk diindonesia ada beberapa organisasi ataupun perkumpulan yang focus di bidang pengkaderan dan pembinaan ruqyah syar'iyah antara lain rehab hati yang dipimpin atau faiundernya ustad Nurrudin al-indunisi, ruqyah arsyada yang dipimpin oleh ustad Muhammad faizar , Komunitas Cinta Ruqyah ( KCR) yang dipimpin atau foundernya ustad Adam Amrullah, dan banyak yang lain yang mungkin belum kami sebutkan satu-persatu. Dengan semakin banyak organisasi ruqyah diharapkan semakin banyak yang dekat dengan al-Qur'an dan sunnah sehingga hati menjadi hati yang Qolbunsalim.

No comments:

Post a Comment