Thursday, October 10, 2019

Lokasi titik akupuntur YNSA ( YIN )



                     Lokasi titik akupuntur YNSA di area kepala bagian tengah kedepan atau bisa disebut lokasi YIN ada 7 titik yaitu titik dasar A, titik dasar B, titik dasar C, titik D, titik E, titik H dan titik I. masing masing titik ada diarea kepala yang loasinya sangat berdekatan, untuk pengukuran antara lokasi titik satu dengan  yang lain menggunakan ukuran internasionl yaitu centimeter. Misalkakan dalam keadaan darurat dalam pengukuran bisa diganti dengan lebar jari kelingking dari si pasien bukan jari dari penerapi.

                     Untuk mekanisme menerapi dengan akupuntur YNSA diselesaikan dulu daerah depan atau YIN dengan durasi kurang lebih 20-30 menit dengan cara dimanipulasi seperti jarum akupuntur yang sudah ditusukan di kocok-kocok naik turun setiap 2 menit sekali pada setiap titik akupuntur ,setalah selesai menerapi area kepala depan atau disebut  area kepala YIN makan langkah berikut  adalah menerapi area belakang kepala atau disebut area YANG dengan durasi yang sama yaitu 20-30 menit dengan cara dikocok-kocok per titik setiap 2 menit sekali.


                      Lokasi titik akupuntur YNSA ini diawali demgan beberapa diagnose seperti diagnosa titik HEGU yang berfungsi menetukan yang nantinya akan di terapi kepala bagian kanan atau bagian kiri, jika yang ditekan sakit yang kiri maka titik yang akan diakupuntur sebelah area kepala bagian kiri begitu sebaiknya, Setelah titik HEGU maka penetuan berikutnya dengan diagnose ELBOW yang sakit ditekan maka akan diketahui loaksi apa yang nanti akan di tusuk, misal di ELBOW bawah sebelah luar ditekan sakit maka menunjukan titik yang akan diterapi di area tulang servical dan sebagainya. Untuk cara yang lebih simple adalah cari lokasi diarea kepala yang tekan terasa nyeri maka lokai itu nanti yang akan ditusuk dan dimanipulasi.


No comments:

Post a Comment