Thursday, October 3, 2019

Diagnosa YNSA dengan Titik HEGU

Diagnosa YNSA dengan Titik HEGU


              Salah satu yang digunakan YNSA untuk mendiagnosa pasien adalah titik HEGU dan diagnose ini yang paling sering digunakan diantara diagnosa yang lain pada metode YNSA ini. Fungsi titik HEGU adalah sebagai penentu arah atau letak yang akan dilakukan penusukan. Jika yang sakit ditetak pada titik HEGU tangan kiri maka letak penusukkan nya di area sebelah kepala bagian kiri, jika dilakukan penekanan titik HEGU tangan kanan sakit maka letak penusukkan nya diarea sebelah kepala bagian kanan. Palpasi pada titik HEGU dilakukan dengan menekan lembut dan bergerak maju mundur secara berangsur ( arah pijatan HEGU menekan horisontal ke pungung tangan bukan vertical ke telapak tangan)

Spesifikasi Titik HEGU ( LI 4) :

1. Letak : Antara pangkal tulang jempol tangan dan pangkal tulang telunjuk (antara tulang metakarpal pertama dan kedua )

2. Cara mencari titik HEGU : Jika kita rapatkan antara jari telunjukdan jari jempol maka akan ada tonjolan nah titik HEGU berada pada tonjolan yang tertinggi.

3. Titik istimewa : Titik Hegu merupakan titik sentral dari meridian usus besar dimana titik ini merupakan tempat organ usus besar terpancar energinya ke sepanjang jalur meridian usus besar, Jika ada ganguan meridian usus besar makan titik ini yang merupakan pusat atau sentralnya.

4. Sifat : menegeluarkan panas luar, mengusir angin dan membersihkan paru-paru

5. Khasiat : Untuk sakit tenggorokan , batuk , badan panas, influenza, masuk angina, diare, sembelit, kembung, mual, tidak nafsu makan, sakit perut, menstruasi sakit, pusing, gatal-gatal, sakit gigi, sakit leher, lumpuh sebagian badan dan alergi ( ganguan di area kepala, wajah dan abdomen )


6. Kontrakdiksi : untuk wanita hamil muda jangan ditekan bisa merangsang keguguran.
Diagnosa YNSA dengan Titik HEGU

Diagnosa YNSA dengan Titik HEGU



No comments:

Post a Comment