Wednesday, October 2, 2019

Cara Diagnosa YNSA ( yamamoto New Sclap Akupuntur )



                Saat akan dilakukan tindakan pada pasien yang memiliki keluhan tertentu maka akupunur kepala YNSA mempunyai beberapa  cara diagnosa untuk sebagai dasar titik mana yang nantinya akan diberikan tusukan jarum akupuntur. Sebagai acuan dasar untuk menentukan lokasi penusukan adalah titik yang dilakukan palpasi atau perabaan dengan sedikit penekannan yang lembut yang dirasakan mengalami sakit yang nyeri, nah yang dititik nyeri inilah yang nantinya kana dilakukan penusukan.

Berikut adalah cara Diagnosa penentuan titik pada akupuntur kepala YNSA :

1. MengunakanDiagnosa penekanan pada titik HEGU (dibaca : HE KU)

   Titik ini termasuk dalam meridian usus besar yang diberikan simbol LI 4 9 ( large instestine titik          nomer 4 )

2. Diagnosamenggunakan ELBOW /siku

    Diagnosa YNSA dapat dilakuan di siku tangan yaitu letaknya sediki diatas dan dibawah lipatan          siku sebelah sisi dalam.

3. Diagnosa yangdilakukan di Leher

    Diagnosa dileher ini dilakukan jika sakitnya terkait dengan organ dalam.

4. Diagnosa diperut

   Diagnosa diperut  ini juga menentukan titik yang nyeri, dengan dilakukan penekan yang lembut           dibeberapa titik yang sudah ada kode area. Tetapi untuk YNSA jarang sekali mengunakan diagnose     perut.



                 Yang menjadi inti dari diagnosa untuk menentukan titik pada akupuntur kepala YNSA adalah titik yang nyeri diarea kepala dan diagnosa yang dilakukan cukup mengunakan penekanan di titik HEGU untuk dilakukan akupuntur sebelah kanan atau di kiri area kepala. Lokasi di kepala juga ditentukan titik dasar lokasi titik YIN ( area  depan kepala ) dan lokasi titik YANG ( area belakang kepala).

No comments:

Post a Comment